Selasa, 11 Agustus 2009

Pro dan kontra pembangunan tower

Garut,11/09/2009

Selama ini pembangunan tower BTS di desa ataupun di perkotaan selalu diwarnai oleh konflik antara Pengembang ( Investor ), warga yg tanah / Rukonya di sewa oleh pengembang dengan Masyarakat sekitar radius( warga yg di mintai persetujuan ). Di dasari oleh ke ingin tahuan tentang syarat2 dan tata cara pembangunan tower BTS, saya memberanikan diri untuk mengajukan pendirian di atas tanah milik saya, pada saat mensosialisasikan pembangunan tower pada masyarakat sekitar radius 35 meter yang di syaratkan oleh pengembang untuk pengajuan pembangunan tower kebanyakan warga di sekitar radius merespon posotif atas pembangunan tersebut, ketika pertemuan dengan mayarakat di aula desa warga meminta kepada pengembang mau ಮೆಳಕುಕನ್ perbaikan jalan, pada saat itu pengembang ಮೆಂಯೇತುಜುಇನ್ಯ.
Ketika ditengah perjalanan untuk meminta tanda tangan di formulir “persetujuan warga untuk pembangunan tower” ada salah satu warga yang menolak dengan alasan surat undangan rapat yang dibuat oleh kepala desa tidak dibenarkan karena pembangunan ini bukan masalah Kepala Desa, seharusnya yang membuat undangan rapat adalah pengembang ( investor ), serta pembangunan tower BTS dapat mengakibatkan penyakit dan ketakutan terjadinya kerusakan terhadap alat-alat elektronik.
Oleh karena itu pembanguna tower jadi tersendat / gagal, di sebabkan adanya penolakan salah satu warga yg menolak pembangunan .
Pertanyaan saya terhadap warga sekitar yangg sekiranya terkena radius pembangunan tower BTS :
1. Syarat2 seperti apa pembangunan tower yang di anggap memenuhi kesehatan ?
2. Syarat2 apa saja yg harus kita penuhi untuk pengajuan pembangunan Tower BTS kepada pemerintahan?
3. Apakah menyalahi aturan apabila kepala desa sebagai fasilitator, mengundang warga untuk membicarakan pembangunan Tower BTS dilingkungan desa?
4. Adakah kemungkinan suatu penolakkan pembangunan Tower dilandasi oleh rasa sentimen atau keinginan yg tidak terpenuhi ? bisa dijelaskan ?
5. Adakah kemungkinan suatu penolakan pembangunan Tower dilandasi oleh persaingan usaha antara salah satu pengembang dengan pengembang ( investor ) yg lain.? Jelaskan.

2 komentar:

NI'MATUL IZZA mengatakan...

Saya mau bertanya d desa saya itu juga tidak ada tower dan kalau boleh tau bagaimana cara anda agar b8sa d bangun tower. Mohon info

NI'MATUL IZZA mengatakan...

Saya mau bertanya d desa saya itu juga tidak ada tower dan kalau boleh tau bagaimana cara anda agar b8sa d bangun tower. Mohon info

BalasHapus